Senin, 25 April 2011

Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran


Pembelajaran secara sederhana dapat diertikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual sesorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri.[1]Learning is the life along process of transforming information and experience into knowledge, skills, behaviors, and attitudes.[2] Pembelajaran tidak terbatas oleh orang dan waktu, dimana seorang anak dapat berinteraksi, mengembangkan moral serta kreatifitasnya, maka itu bisa disebut dengan pembelajaran.
Teaching is the only major occupation of man for which we have not yet developed tools that make an average person capable of competence and performance(Peter Drucker). [3]Teaching dpt diartkan sbagai upaya memberikan wawasan kognitif pada peserta didik sebagai bagian dari upaya membangun wawasan tentang sesuatu dalam rangka menumbuhkan kemampuan afektif dan psikomotorik pada peseerta didik.[4] Dengan demikian,pembelajaran lebih pada usaha perbaikan kepribadian seseorang, dan pengajaran lebih  pada peningkatan kualitas kemampuan seseorang.


[1] Abuddun Nata.Perspektif Islam dalam Strategi Pembelajaran,hal.85
[2] http://www.missiontolearn.com
[3]http://www.thefreedictionary,com
[4] Abuddun Nata.Perspektif Islam dalam Strategi Pembelajaran,hal.175

Perbedaan Pengajaran dan Pembelajaran


Pembelajaran secara sederhana dapat diertikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual sesorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri.[1]Learning is the life along process of transforming information and experience into knowledge, skills, behaviors, and attitudes.[2] Pembelajaran tidak terbatas oleh orang dan waktu, dimana seorang anak dapat berinteraksi, mengembangkan moral serta kreatifitasnya, maka itu bisa disebut dengan pembelajaran.
Teaching is the only major occupation of man for which we have not yet developed tools that make an average person capable of competence and performance(Peter Drucker). [3]Teaching dpt diartkan sbagai upaya memberikan wawasan kognitif pada peserta didik sebagai bagian dari upaya membangun wawasan tentang sesuatu dalam rangka menumbuhkan kemampuan afektif dan psikomotorik pada peseerta didik.[4] Dengan demikian,pembelajaran lebih pada usaha perbaikan kepribadian seseorang, dan pengajaran lebih  pada peningkatan kualitas kemampuan seseorang.


[1] Abuddun Nata.Perspektif Islam dalam Strategi Pembelajaran,hal.85
[2] http://www.missiontolearn.com
[3]http://www.thefreedictionary,com
[4] Abuddun Nata.Perspektif Islam dalam Strategi Pembelajaran,hal.175